Wednesday, July 1, 2015

Taman Ujung (Ujung Park)

Taman Ujung memiliki 2 nama yakni Taman Ujung atau Taman Sukasada tapi sebagian besar orang hanya mengenal Taman Ujung dan hanya sebagian kecil saja yg mengetahui taman ini juga disebut Taman Sukasada. Taman ini sendiri terletak di Banjar Ujung, Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem, Bali, Indonesia. sekitar 7 km di sebelah tenggara kota Amlapura, kalau datang dari timur melihat patuh Ibu seperti yang terlihat pada gambar disamping ini, ambil jalan ke kanan, Anda akan melewati jalur alternatif, akses lebih cepat tapi ingat ikuti strip putih pembagi jalan, dan bayangkan posisi Taman Ujung di sebelah tenggara, niscaya Anda senantiasa akan sampai ke tempat tujuan. Ada juga petunjuk mulai dari yg bergerak dan tidak bergerak yg tersebar di sepanjang jalan, Anda boleh menggunakannya dengan bijak.

Sejarah & Arsitek

I Gusti Bagus Jelantik sebagai Raja Karangasem yg terkenal dengan gelar Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem memprakarsai pembangunan Taman Ujung dan dibangun saat itu juga pada tahun 1909. Untuk membuatnya terwujud diikuti dengan pesona yang nampak hingga sekarang Beliau merekrut 2 orang sebagai arsiteknya, Van Den Hentz, Belanda dan Loto Ang, Cina, serta beberapa ahli-ahli per-undagi-an (Arsitek khas Bali) dari Bali.

Misteri Angker

Sebelum berwujud Taman Ujung, tempat ini bernama kolam Dirah, diambil dari nama seorang Ratu terkuat di Pulau Jawa dengan ilmu hitamnya, konon tempat ini sebagai tempat dimana orang penganut ilmu hitam dihabisi nyawanya oleh ga tau siapa. Dan semua orang pada masanya tidak ada yang berani untuk mandi di kolam tersebut.

Kesimpulan

Keindahan di Taman Ujung memang tidak kalah menarik dengan tempat wisata yang tersebar di penjuru Bali, Taman Ujung adalah sebuah taman yang akan kita kenang selalu karna tempatnya eksotis serta adem dipandang mata karna hijaunya pepohonan serta rumput yang terawat. Semua ini hanya dihargai Rp. 5000 sebagai tiket masuk, jika Anda membawa kamera dikanakan Rp.50.000 jadi berpikirlah dengan bijak.

Oh ya! Banyak orang dari semua kalangan menggunakan Taman ujung sebagai jogging track pada sore hari, tetap sehat detengah pemandangan hijau yang tumbuh alami!


Gallery:

No comments:

Post a Comment